Minggu, 01 April 2012

Software open source adalah software dengan sistem pengembangan yang tidak dikoordinasi oleh suatu individu / lembaga pusat, tetapi oleh para pelaku yang bekerja sama dengan memanfaatkan kode sumber (source-code) yang tersebar dan tersedia bebas.



 dan mengapa harus software open source?

Seperti yang  dikatakan diatas,software open source tidak dikoordinasi oleh suatu individu atau lembaga pusat,yang secara sedehana bisa dikatakan gratis(free).



Pola Open Source lahir karena kebebasan berkarya, tanpa intervensi berpikir dan mengungkapkan apa yang diinginkan dengan menggunakan pengetahuan dan produk yang cocok. Kebebasan menjadi pertimbangan utama ketika dilepas ke publik. Komunitas yang lain mendapat kebebasan untuk belajar, mengutak-ngatik, merevisi ulang, membenarkan ataupun bahkan menyalahkan, tetapi kebebasan ini juga datang bersama dengan tanggung jawab, bukan bebas tanpa tanggung jawab.


Lalu apa keuntungan dan kerugian dari Software Open Source?

ada dua sisi keuntungan dari software open source,yaitu sisi pengguna dan pengembang software tersebut .

berikut keuntungan dari sisi pengguna :

  • Gratis/Free : tidak perlu mengeluarkan biaya dan langsung bisa menggunakan software secara legal.
  • User dapat terlibat dalam pengembangan program,karena user memiliki source code nya.
  • Berkurangnya ketergantungan pada vendor karena software open source dapat meningkatkan potensi unutk bisa lebih mandiri di bidang IT.

Berikut dari sisi Pengembang :

  • User/komunitas user dapat membantu mengembangkan software dari pengembang software tersebut menjadi software yang lebih baik.
  • Konsep pengembang software akan dikenal dengan sendirinya sehingga pengembang tidak memerlukan biaya iklan atau semacamnya untuk memperkenalkan konsepnya.

Berikut ini adalah kerugian dair software open source :

  • Tidak adanya garansi pengembangan
  • Beberapa komunitas dapat dianggap bersalah dalam pelanggaran intelektual Property karena pada saat ini beberapa negara menerima software dan algoritma yang dipatenkan sehingga hal ini sangat sulit untuk diketahui jika beberapa metode utama untuk menyelesaikan masalah software dipatenkan.
  • Tidak banyak iklan bagi open source software,biasanya beberapa project secara tidak langsung ditangani oleh perusahaan yang mampu berinvestasi dan melakukan marketing. 

http://utomoutami.blogspot.com
http://id.wikipedia.org/
http://lostintechnology.com

1 komentar:

The Geeks mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

follow me on twitter

MY YAHOO!

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.