Minggu, 01 April 2012

Seorang manajer proyek yang baik harus memiliki kompetensi yang mencakup unsur ilmu pengetahuan (knowledge), kemampuan (skill) dan sikap (attitude). 

Ketiga unsur ini merupakan salah satu faktor penting dalam menentukan keberhasilan proyek. Sebuah proyek akan dinyatakan berhasil apabila proyek dapat diselesaikan sesuai dengan waktu, ruang lingkup dan biaya yang telah direncanakan. 

Manajer proyek merupakan individu yang paling menentukan keberhasilan / kegalan proyek. Karena dalam hal ini manajer proyek adalah orang yang memegang peranan penting dalam mengintegrasikan, mengkoordinasikan semua sumber daya yang dimiliki dan bertanggung jawab sepenuhnya atas kenberhasilan dalam pencapaian sasaran proyek.



Untuk menjadi manajer proyek yang baik, terdapat 9 ilmu yang harus dikuasai. Adapun ke sembilan ilmu yang dimaksud antara lain :



1.      Manajer Ruang Lingkup

2.      Manajemen Waktu

3.      Manajemen Biaya

4.      Manajemen Kualitas

5.      Manajemen Sumber Daya Manusia

6.      Manajemen Pengadaan

7.      Manajemen Komunikasi

8.      Manajemen Resiko

9.      Manajemen Integrasi

Berikut tips menjadi seorang manajer :

1. Habiskan waktu (dan uang) mendevelop orang

Mempelajari hal baru dan berinovasi dengan improvisasi.

 2. Cari tahu apa yang benar-benar dilakukan oleh Staff

Walaupun tidak perlu menjadi master untuk setiap tugas yang dihandle oleh staff, manajer seharusnya mengerti yang biasa dilakukan oleh staffnya. Jika sekarang tidak dilakukan, biasakanlah diri untuk mengetahui setiap tanggung jawab tiap orang.

3. Jangan Melakukan untuk Mereka

Jika Anda berasal dari “in the trenches” karyawan  menjadi seorang Manager, hindari kecenderungan untuk mengekang secara cepat.

4. Mengerti bisnis dan Buat Mereka Mengenal Anda

Memang sebuah klise, tapi semua Manager harus mengerti business untuk membangun system dan infrastructure yang men support tujuan business. 

5. Perlakukan komunikasi sebagai jalan dua arah yang sibuk dan bergerak dengan cepat

 Informasi bukan comodity terbatas yang harus Anda simpan-simpan. Harus mengalir secara bebas dan mudah antara management dan workers.

6. Dorong setiap orang untuk bekerja sebagai team

Mendorong kolaborasi dan teamwork menbantu memindahkan silo-like isolation yang biasanya terjadi di technical organisations. 

7. Berikan feedback secara reguler dan biarkan karyawan mengetahui apa yand Anda minta

Pastikan staff Anda mengetahui apa yang sedang mereka lakukan dan apa yang dipelukan untuk improvement. Hal ini bisa menjadi percakapan biasa, formatl performance reviews, atau pujian.

8. Hire well

Jika Anda belum pernah merekrut orang, sebaiknya Anda bertanya dan pelajari bagaimana caranya. Merekrut orang yang tidak bagus akan lebih tidak bermanfaat daripada tidak merekrut sama sekali.

9. Mengerti praktek pelatihan terbaik tapi tidak hanya menjadikannya buzz words

Belajar dan mengerti latihan terbaik untuk melatih dan mengaplikasikannya kepada diri sendiri dan perusahaan.

10. Menjadi seorang Project Manager yang Baik

Kebanyakan kegagalan adalah akibat dari kelemahan project managemen. Jika Anda belum memiliki training project management formal, cari dan invest di program yang baik. 


sumber :
 kirimpesan.comleaderphrase.com
hkirimpesan.commanajemenproyek.net
kirimpesan.com

0 komentar:

follow me on twitter

MY YAHOO!

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.