Kamis, 13 Juni 2013

Penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar menurut saya adalah bahasa yang mudah dimengerti oleh pembaca,tidak berbelit-belit dan tidak ada pengulangan dalam satu kalimat serta situasi.

Contoh kata "sarapan pagi" ,kata tersebut sebenarnya sekilas biasa saja,tapi ada beberapa pendapat bahwa kata "sarapan pagi" merupakan kata yang kurang tepat,mengapa?



Sebagian atau mungkin semua dari kita sebagai orang Indonesia,sarapan itu pasti di pagi hari,lalu kenapa kata "sarapan" harus disanding dengan kata "pagi"?

Maksud dari bahasa Indonesia yang baik bisa diartikan juga sebagai bahasa yang digunakan sesuai norma-norma yang berlaku.

sedangakan maksud dari bahasa Indonesia yang benar yaitu bahasa Indonesia yang digunakan sesuai aturan dan kaidah bahasa Indonesia yang berlaku.

Bahasa yang Baik dan Benar
Bahasa Indonesia yang baik dan benar adalah bahasa Indonesia yang digunakan sesusai dengan norma kemasyarakatan yang berlaku dan sesuai dengan kaidah-kaidah bahasa Indonesia.

Contoh dari bahasa Indonesia yang baik dan Benar
 Percakapan seorang murid dan guru dalam bahasa yang kurang baik :

guru :"ada yang mau nanya?"
murid :"gue bu,mau nanya kenapa ikan bisa hidup di air?"
guru:"karena ikan nafas pakai insang"

secara norma kemasyarakatan mungkin tidak banyak kata kasar tapi sesuai aturan dan kaidah,terlalu banyak kesalahan dari keduanya.
Percakapan akan lebih baik jika kata-katanya dirubah seperti ini :

guru :"ada yang ingin bertanya?"
murid:"saya bu,ingin bertanya mengapa ikan bisa hidup di dalam air?"
guru:"karena ikan bernafas dengan insang"

Bahasa Indonesia sebagai Alat Komunikasi



Bahasa adalah kapasitas khusus yang ada pada manusia untuk memperoleh dan menggunakan sistem komunikasi yang kompleks, dan sebuah bahasa adalah contoh spesifik dari sistem tersebut.
Bahasa Indonesia bisa dikatakan sebagai alat komunikasi karena fungsi dari bahasa adalah mendeskripsikan ,menyalurkan,mencurahkan dan menumpahkan perasaan pada objek atau subjek yang dipilih untuk kepentingan orang itu sendiri.
Bahasa tanpa kita sadari sangat berperan penting,jika  tidak ada bahasa ,meskipun ada alat komunikasi atau gadget-gadget canggih,tetap saja manusia akan sangat sulit untuk berkomunikasi.






0 komentar:

follow me on twitter

MY YAHOO!

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.